Keyword Stuffing dan Comment Stuffing

Artikel saya berjudul Bahaya Keyword Stuffing ternyata cukup memancing perhatian pengunjung mancanegara. Mereka menyatakan bahwa artikel ini bagus dan bermanfaat. Sekalipun komentar mereka pendek-pendek namun melegakan. Walau orang asing tak suka basi-basi namun adakalanya keluar juga kata yang lebay-melambai-lambai.

Dalam artikel tersebut saya menjelaskan bahwa keyword stuffing adalah memasang kata kunci dalam jumlah yang cukup banyak dengan maksud untuk meningkatkan ranking artikel dan trafik blog. Kegiatan ini oleh Google dimasukkan dalam kategori Black Black Hat Tactic alias taktik hitam. Akibat penebaran kata kunci yang berlebihan blog bisa diturunkan pagerank atau malah di ban sementara atau selamanya dan atau dihapus.

Di bawah ini saya sampaikan beberapa komentar yang mereka tulis dalam bahasa Inggris.

1. This is a neat summary. Thanks for sharing!

2. Shiver me timbers, them’s some great information.

3. What a pleasure to meet someone who thinks so clearly

4. Cool! That’s a clever way of looking at it!

5. I literally jumped out of my chair and danced after reading this!

6. That’s a crackerjack answer to an interesting question

7. Deep thinking – adds a new dimension to it all.
8. I could watch Schindler’s List and still be happy after reading this.
9. I found myself nodding my noggin all the way through.
10. I could watch Schindler’s List and still be happy after reading this.
.
Komentar senada seirama juga muncul pada artikel saya berjudul Cara Membuat Halaman Pada Blogspot.
Pada saat artikel ini saya terbitkan jumlah komentar pada dua postingan tersebut tercatat 201. Cukup fantastis, bukan. Apakah saya merasa hepi dengan jumlah komentar yang cukup banyak dari pengunjung mancanagara? Oh tidak sodara-sodara. Komentar sebanyak itu ternyata hanya dilakukan oleh satu pengunjung saja. Dilihat dari url domain yang dipakai terindikasi bahwa komentar itu berasal dari situs yang sedang mempromosikan asuransi mobil. Dengan jumlah komentar yang cukup fantastis dapat dipastikan bahwa penebarannya tidak dilakukan secara manual tetapi memakai aplikasi atau robot.
.
.
Komentar beraroma spam bukan hanya dilakukan oleh orang asing tetapi juga oleh orang Nusantara. Tujuannya juga sama yaitu agar situs atau blognya mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya. Dengan cara menebar komentar spam mereka berharap situs atau blog mereka menempati posisi mulia di search engine (mesin pencari)
Jangankan saya, Akismet saja ikut mencak-mencak. Plugin yang secara default terpasang di blog ini langsung menggiring komentar tersebut ke kotak spam. Selanjutnya menjadi tugas saya untuk menghancurkan komentar geje, lebay, asbun, dan sering tidak nyambung tersebut dengan menekan tombol Empty Spam.
Komentar sampah memang merepotkan. Akismet kadang juga kurang jeli dalam menjaringnya. Adakalanya komentar pengunjung yang berkomentar baik-baik juga dimasukkan ke kotak spam. Itulah sebabnya saya harus memilah dan memilih komentar beneran sebelum menekan tombol Empty Spam. Apalagi jika saya sedang menggelar lomba blog. Kasihan kan jika blogger yang mendaftarkan artikelnya langsung ikut terlibas.
 .
Selain memanfaatkan plugin Akismet ada beberapa cara yang saya lakukan untuk mencegak komentar sampah muncul.
1.  Moderasi komentar khusus untuk pengunjung pertama saja.
2. Mengisi kotak Comment Blacklist terhadap url situs, blog, dan isi komentar yang saya tengarai hanya ingin jual kecap, mengeluarkan kata tak senonoh, provokatif negatif, dan komentar tak layak muncul lainnya. Jika user name, url blog, dan komentar pengunjung mengandung kata: obat oles, obat kuat, perbesar payudara, perbesar penis, rental mobil, jual rumah, desah mendesah, rintihan nikmat, ranjang bergoyang, pijat plus, vibrator, jualan baju, grosir murah, dan yang senada pasti akan masuk kotak spam.
.
Keword stuffing dan Comment Stuffing sama-sama membuat pusing. Tujuannya hanya untuk memancing search engine maupun pengunjung blog belaka. Pembiaaran komentar seperti itu akan menimbulkan kesan saya permisif. Bukan tak mungkin pengunjung yang lain akan melakukan hal yang sama. Komentar OOT yang tak terkait dengan artikel boleh-boleh saja. Namun demikian komentar yang relevan tentu akan lebih bermanfaat.
Bagaimana cara sahabat menghalau komentar spam?

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

14 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. innnayah says:

    waduh komentar saya bukan dijadiin spam kan Pak dhe?

    oiya mau tanya dong, beberapa hari ini ada beberapa blogger yang ngga bisa komentar di blog saya. langsung hilang gitu pas dia submit komentar, sedangkan blogger lain engga. ini kenapa ya?

    Mungkin masuk inbox komen spam

  2. Tempo hari ada ‘obat memperbesar XXX’ yang komen di blogku, Pakde. Mana komennya panjang pula ttg produknya. Aku ngapusnya sampe gemeteran. :)))) Sekarang ini aku lebih nyaman pake moderasi komentar, Pakde.

    Iya, saya juga banyak tuh dapat komen senada
    Tapi sudah saya masukkan blacklist jadi otomatis tergiring ke kotak spam

  3. Walidin says:

    Sebenarnya mereka itu tahu bagaimana bahaya keyword stuffing pak, hanya saja jika taktik itu yang dijalankan menurut saya sendiri salah target. Backlink banyak bisa, tp tanpa target yang jelas sama aja bohong. Hanya numpang lewat. Tidak lebih dari itu.

    Betul, backlink harus jitu

  4. Ady says:

    memang benar itu gan, banyak yg menghalakan segala cara, tp yakin aja dengan cara ky gitu tak akan ada hasil koq, belajar secara konsisten ut suskses ngeblog yg lbh baik…saya aja blog saya yg baru msh urutan 200 di mbah google…tp saya ngk mau buat yg aneh2 ut menempatkan nya dihal 1 dgn cara spam..pdhl dgn cara spam mudah aja..tp buat apa ya? toh jg hasilnya Nooll..

    Black hat SEO memang nggak disukai Google

  5. Waduh, baca postingan pakde ini jadi semakin tahu, bahwa di dunia blog pun banyak sekali pola cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan, termasuk cara-cara yang tidak etis ya.
    Makasih pakde, nambah wawasan saya

    Iy Jeng, istilah black hat juga ada untuk mendapatkan trafik

  6. Di blog saya juga sering dikirimi komen spam lebay begitu, pakde. Ada juga komen spam yg nggak terlalu lebay tapi nggak nyambung, biasanya dari yg obat-obat itu. Pokoknya yg begitu biasanya saya masukkan kotak spam. Kapan2 dihapus. Hehe

    Masukkan blacklist lalu sikat semua

  7. Kalo saya langsung dimasukin kotak spam dan dihapus, pakde.. makanya pakai moderasi komentar, nggak pake akismet karena platformnya blogspot. Repot sih, moderasi komentar itu. Cuma demi kerapihan dan kebersihan, nggak papa deh

    Kita repot tapi memanjakan pengunjung
    Rapopo

  8. Sama nih Pakdhe, saya juga pakai plugin akismet. Meski begitu ada saja komentar dari teman-teman blogger yang sudah sering berkunjung yang nyangkut di kotak spam entah kenapa 🙁
    Untungnya saya tetap rutin mengecek kotam spam, jaga-jaga saja kalau ada yang nyangkut di sana.

    Sama, Akismet kadang tak jeli membedakan komen baik2 dan komen spam

  9. aku kayaknya jarang dapet pakdhee ..atua saya jarang cek? hehehe..tapi kalau ada spam mau ngg mau dihapus satu per satu euuuy..memang repot yaa

    Kan ada tombol Empty Spam. Sekali tekan amblas semua tuh komentar spam

  10. Hima Rain says:

    wah dapat ilmu lagi dari Pakdhe 😀
    iya nih pakdhe lama nda apdet blog komentar-komentar seperti itu banyak hinggap di blogku. log in bukannya menulis malah bersih-bersih dulu hehehe

    Iya nich, komentar spam makin merajalela

  11. Idea Berita says:

    Wah menarik sekali. salam kenal

    Terima kasih kunjungannya

  12. Santai Saja says:

    Dulu pas saya belum pasang plugin akismet tiap hari pasti ada ratusan komentar bahasa bule yang gak jelas, awalnya hapus satu-satu komentarnya, tapi lama-lama kok capek juga nih jari. kebetulan saya di kasih tahu sama temen kalo ada plugin akismet yang otomatis akan menyaring komentar2 spam, daaaan, setelah pasang pluginnya bener2 jadi enak ngeblognya, gak mikirin komen2 spam lagi.

    Iya bener. Spammer makin gila

  13. Vinz Prasetyo says:

    itulah pentingnya untuk menginstal plug in akismet, biar sampah-sampah nya nggak banyak.!

    Iya, banyak tapi bisa langsung dilibas dengan dua kali klik

  14. kaligrafi says:

    Nyimak ah juragan

    Sila

Leave a comment