Memantaskan Blog Agar Mendapat Job

Job review. Dua kata ini bak sejumput gula. Banyak semut yang bertandang, mengerumuni, dan mencicipi manisnya. Termasuk saya tentunya. Monetizing blog sudah saya lakukan sejak Kang Yayat Sudrajat memperkenalkan Google Adsense beberapa tahun yang silam. Menyewakan sidebar untuk ditanami baner iklan dan link pun pernah saya jalani.

Akan halnya dengan job review, tanpa tedeng aling-aling, kini menulis artikel di blog dengan imbalan uang atau barang ini semakin memikat. Secara bercanda saya sering mengatakan bahwa menulis artikel sepanjang 500 kata lebih sip imbalannya dibandingkan dengan menarik becak 10 kali. Uang memang bukan segala-galaya tetapi fulus ya tetap gurih dan rasanya kriuk-kriuk renyah. Tidak matre tetapi jika dompet kembung ya tetap kece.

Harus tetap diingat bahwa untuk mendapatkan job review memang gampang-gampang susah. “There is no free lunch,” kata Jeng Ngatno yang sekarang menjadi blog hunter dari sebuah perusahaan yang cukup beken. “Perusahaan kami mencari blog yang pantas untuk diajak kerjasama,” lanjutnya.

Memantaskan blog memang menjadi keharusan jika seorang blogger ingin dilirik dan diajak kerjasama oleh pihak lain. Kepantasan bukan hanya dilihat dari faktor wadah (tempat), performance (kinerja), content atau isi tetapi juga disposisinya. Jika ada yang ingin menambahkan attitude (budi pekerti) juga tak ada yang menyalahkannya.

.

Tampilan Blog

Blog sebagai faktor wadah sebaiknya menarik pengunjungnya. Dimulai dari header sampai footer, posisi dan isi sidebar, serta tampilan depan (homepage) Banyak orang bilang bahwa blog dengan background putih dengan tulisan warna hitam lebih disukai pengunjung daripada sebaliknya. Saya lebih sering cepat pergi manakala mengunjungi blog yang latar belakangnya hitam dengan tulisan warna putih atau kuning. Blog seperti ini membuat mata cepat lelah.

.

Cara Mengubah Tampilan Blog

Saya lebih suka blog berlatar belakang putih dengan font warna hitam

.

Jangan dilupakan navigasi blog. Pengunjung selayaknya dimudahkan untuk menemukan artikel yang dicari. Untuk itu pemilik blog perlu memasang satu atau beberapa pirantinya antara lain kotak pencarian (search), gadget/widget Recent Post (Artikel Terkini), Page (Halaman), Sitemap (Peta Situs), Categories (Kategori), dan Archives (Arsip)

Layout blog juga perlu diatur agar kemudahan menemukan artikel tak terhalangi oleh amburadulnya penataan gadget/widget. Jika boleh saya katakan, tampilan blog jangan terlalu ramai seperti pasar malam tetapi juga jangan terlalu sepi sehingga pengunjung kebingungan. Blog yang mirip kantor PBB dengan penuh bendera atau bak sebuah cafe yang menyambut tamunya dengan lagu-lagu sebaiknya dihindari.

Selain hal-hal di atas akan sangat baik jika blog sudah mobile friendly. Maklum pemain internet yang berselancar di dunia maya dengan memanfaatkan handphone semakin banyak. Rugi jika tampilan blog tidak tampak jelas jika dibuka dengan menggunakan telepon seluler.

Untuk mengetahui apakah blog sudah mobile friendly bisa memanfaatkan alat cek www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly

.

Mobile friendly blog

Artikel terbaca dengan baik pada blog yang mobile friendly

.

Kinerja Blog

Sebagus apapun tampilan blog menjadi agak kurang berfaedah jika blog agak sukar diakses. Ini berkaitan dengan kecepatan loading. Pengunjung hanya mampu bertahan sekian detik untuk menunggu blog terbuka. Jika waktu tunggu terlalu lama maka pengunjung akan lari ke blog lain. Gadget/Widget yang dapat membebani kerja blog sebaiknya dikurangi. Demikian pula baner yang tidak begitu penting atau baner lomba yang sudah kedaluwarsa sebaiknya segera dihapus dari sidebar.

Untuk menguji kecepatan loading blogger dapat memanfaatkan Google Pagespeed Tools. Dengan alat ini kecepatan blog akan diketahui dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi serta saran solusinya. Tentu saja blogger bisa memilih dan memanfaatkan situs pengukur kecepatan lainnya misalnya www.webpagetest.org, seositecheckup.com, dan www.dotcom-tools.com

.

Konten Blog

Adagium berbunyi Content is the King masih valid hingga sekarang. Jika ingin mendapatkan job review maka blogger harus mengisi blognya dengan artikel yang menarik dan bermanfaat sebanyak mungkin. Blog berisi aneka topik tak jadi soal asal artikelnya berbobot. Bolehlah sekali dua kali menulis curhatan.

Pemilik blog berniche traveling, face and fashion, kuliner, kesehatan, gadget, barangkali akan lebih beruntung. Namun blog bertopik lainnya juga tak perlu berkecil hati. Jika memungkinkan blogger sebaiknya mempunyai beberapa blog dengan topik-topik yang banyak dicari. Tentu saja time management juga harus dipunyai agar blog tidak kedodoran. Membangun blog memang mudah tetapi mengisi artikelnya perlu waktu, tenaga, dan pikiran.

Konon Google kurang suka jika sebuah blog isinya hanya artikel berbayar. Oleh karena itu blogger harus piawai mengaturnya. Setelah menulis artikel review produk dan jasa sebaiknya blog segera dijejali dengan artikel non review.

Penulisan artikel selayaknya memperhatikan dan mempertimbangkan keyword (kata kunci) Blogger bisa mengadakan riset kata kunci lalu memasangnya di judul artikel dan pada badan artikel secara tersebar. Namun demikian harus dijaga agar jumlah kata kunci tidak berlebihan. Penyebaran kata kunci secara masif dalam artikel dapat dicurigai sebagai perbuatan keyword stuffing untuk memanipulasi ranking blog dalam SERP (Search Engine Result Pages)

Semakin banyak artikel blog maka akan semakin banyak pilihan bagi mesin pencari untuk menggerayangi dan melakukan indeks blog. Nah, blogger sepatutnya rajin update artikel blognya. 5 artikel setiap minggu sudah termasuk bagus kok.

.

Disposisi Blog

Pemberi job kabarnya sering gentayangan di berbagai tempat untuk mencari dan menemukan blog yang cocok untuk diajak kerjasama. Mereka bisa menelusurinya melalui mesin pencari (search engine), Facebook, Twitter, Google+1, Social Bookmark, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu blogger selayaknya berupaya agar blognya ada di mana-mana. Setelah menerbitkan artikel bersegeralah membagi di tempat yang saya sebutkan di atas. Lebih elok lagi jika artikel juga disubmit di Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools agar cepat terindeks oleh mesin pencari. Promosi blog memang menjadi keharusan. Jika blog berada di halaman pertama mesin pencari tentu akan lebih mudah diketemukan oleh pemburu blog yang akan mengajak kerjasama.

Blogwalking juga termasuk upaya untuk memperkenalkan blog di mana-mana dan kepada siapa saja.

.

Bagaimana dengan Top Level Domain?

Dulu saya bertolak pinggang sambil berkata: “Blog gratisan juga nggak apa-apa yang penting kan artikelnya cihui.” Tetapi setelah melakukan monetize blog maka tangan saya turunkan dari pinggang. Pasalnya ada situs yang tak mengijinkan blog ‘gratisan’ tersebut dipakai untuk berburu fulus. Jika ada yang lolos dari incaran itu hanya menunggu waktu saja. Suatu saat akan ada warning bahwa blogger melanggar TOS.

Top level (TLD) memang tampak lebih profesional dan keren. Tentu saja blogger harus mengeluarkan biaya untuk menyewanya. Penyedia job review tampaknya juga lebih menyukai blog berbayar ini. Oleh karena itu jika ingin serius bermain monetize blog sebaiknya blogger membangun blog dengan menggunakan top level domain.

Yuk kita memantaskan blog dan diri kita agar pihak lain tak segan mendekati kita.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

38 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Gimana biar PA dan DA cepat naik De? Job review memang asoyy

    Banyak faktornya termasuk usia blog dan konten serta backlink

  2. Keven says:

    Nice article, Pakde. Saya sudah lama ngeblog tapi tahun ini baru belajar pengen monetize blog. Artikelnya sangat membantu, setelah baca tulisan ini saya mau langsung bebenah blog hehehe. Terima kasih atas infonya.

    Monetize blog memang mengasyikkan ya
    Sama2

  3. Jun says:

    Terimakasih ilmunya
    Sama2 Mas

  4. Faris says:

    Wah keren ni mas Abdul, bisa nih berguru sama mas 😀

    Terima kasih
    Mari kita saling berguru

  5. Mas Azzam says:

    Iya nih, kadang-kadang atau seringkali malah keyword stuffing itu ngegganggu kita sebagai pembaca. Mantaps Bang infonya.

    Betul, kadang kurang nyambung karena dipaksakan

  6. rosa says:

    Wow, ulasannya lengkap sekali pakdhe

    Biar tinggal nggarap

  7. Hanan M says:

    Tips2 yang sangat cihui pakde. Job review memang rasanya gurih kriuk2 sampai gak bisa nolak kalo ditawarin.
    Bookmark dulu y pakde

    Iya, kalau syatunnya oke ya garap saja

  8. Molly says:

    Dapat job review memang bikin senang ya, pakdhe. Aku masih belajar terus membenahi blog dan ngisi dengan konten menarik supaya sering dilirik sama brand :). Makasih sharing nya, pakdhe.

    Betul sekali
    Konten memang tetap menjadi primadona

  9. Ikhsan says:

    Alhamdulillah, sudah beberapa kali dapat job reviem. Walaupun blogku masih biasa- biasa saja. Terima kasih tipsnya Pakdhe Cholik

    Blog biasa-biasa saja tapi kan sudah menghasilkan ya

  10. Sepertinya kerja blogger nggak bisa jadi sampingan pak dhe. Banyak PR-nya ya.

    Iya kalau memang mau menekuninya

  11. Mustafa Zain says:

    Lengkap sekali ulasannya.
    Jadi tahu dan bisa mengukur, sudah pantaskah blogku mendapatkan job review?
    Terimakasih banyak artikelnya, sangat mencerahkan.

    Tinggal dipromosikan saja biar segera diketemukan oleh agency hahaha

  12. nova violita says:

    pas banget ulasannya.. lagi membereskan yang berantakan dari blog nih pakde…
    makasih..postingannya..

    Good, manjakan pengunjung dan mesin pencari

  13. Liza says:

    Kalau blog saya gimana menurut pak dhe? Pingin pakdhe yang nilai aja, malas pake situs2 tersebut

    Salam hangat dari Aceh (ikut-ikutan gaya pakdhe)

    Blognya bagus, rapi, bersih, dan tertata rapi.
    Artikelnya juga oke dan bermanfaat
    Loadingnya cepat

  14. munasyaroh says:

    Lagu belajar ngeblog untuk cari duit, bulan kmarin dpt 3 review. Moga bulan ini nambah

    Bagus tuh
    Bisa ngisi dompet

  15. Ophi Ziadah says:

    Makasih Sharingnya pakde…masih terus belajar berbenah…
    memang agak slow tp mencoba bergerak terus

    Iya,pelan tapi maju

  16. Iya pak dhe,,sdg beranjak inih,,mulai memantaskan blog,,makasih diingatkan apa sja yg diperlukan

    Sip, kalau blognya rapi dan keterbacaannya bagus kan nyaman

  17. Wah.. Mantap nih pencerahan dari Pakde.. Apalagi kalo ngomongin soal job review pastinya ini suatu topik yg hangat diperbincangkan oleh para blogger ya Pakde..

    Iya, hasilnya lumayan untuk nambah2

  18. Kalau menurutku sih tampilan sama font-nya yah, karena itu yang biasanya bikin ngga nyaman

    Bisa diubah kan

  19. susanti dewi says:

    Terima kasih pakde utk ilmunya. setelah saya cek, ternyata blog saya mobile friendly 🙂

    Very nice
    Enak dibaca sambil berHP ria

  20. rita dewi says:

    Terima kasih penjelasannya Pakde. Saatnya bebenah blog nih

    Sama-sama
    Biar blognya rapi

  21. monda says:

    job review memang nikmat … he.. he..
    tapi ya nggak mau juga ngoyo terima semua jenis job review

    Betul
    Yang penting nulis dengan enjoy

  22. Arti Fiskal says:

    Puas banget baca artikelnya, singkat padat dan jelas. ngalir seperti air. saya suka. hehe salam kenal

    Yang ringan-ringan saja
    Terima kasih
    Salam kenal

  23. Agung Rangga says:

    Saya juga sudah mulai me-monetize blog dengan job review ini. Biarpun upahnya tidak seberapa, yang penting cukup untuk sekedar memperpanjang domain blog, hehehe… 😀

    Kalau brandnya gede ya lumayan

  24. astutiana says:

    Ikutan semangat yang tadinya cuma ketak ketik dan gaptek tentang bllog dan pernank perniknya.. sekarang maunya belajar dan belajar
    Makasih ilmunya Pakde

    Blogger memang selayaknya mengupgrade diri
    Sama2

  25. Untuk speed saya masih banyak pe er nih Pakde. Pelan-pelan harus diberesin nih kalau mau makin luberrr… luberr rezeki blognya. Ha..ha..
    TFS Pakde

    Hooh, semakin enteng dan cepat semakin menyenangkan

  26. Minyak Jarak says:

    keren… 😀
    thanks for ilmu nya….

    Terima kasih
    Sama2

  27. nur Islah says:

    Wah lengkap ulasannya. Artikelnya bikin nambah semangat beres2 blog

    Sip, jangan sampai blog lumuten dan berdoa ya hahahaha

  28. retno says:

    Blog saya agak lambat, Pakde… masih cari cara benerinnya..

    saya bisa 2 x post seminggu sudah alhamdulillah hihihi…

    Iya nggak apa-apa.
    Tugas di dunia nyata harus diutamakan

  29. madu says:

    mantap bang.. bisa banyak belajar saya dari tulisan sampean ini..

    matur nuwun masbro

  30. Diah says:

    Blm coba speed PakDhe, abis ini langsung cek ahh.

    Saya juga suka PakDhe klo blog yg mobile friendly itu, lbh enak bacanya 🙂

    Iya, di HP tampak jelas

  31. topik says:

    biasanya kalau yang sering ditanyakan memang betul PA dan DA sekaligus alexa ranknya juga dilihat je pak de

    Iya, dulu PRnya

  32. Yessi Greena says:

    Saya masih banyak PR ni kalo begini…heheheh
    Blog masih gratisan dan belum ngerti apalah-apalah segala macem.
    Maturnuwun infornya, Pakde 🙂

    Dulu saya juga begitu awalnya
    lama-lama ya bisa karena belajar terus

  33. Eko Nurhuda says:

    Nice article, Pakde. Keren, lengkap, mendetil. Alhamdulillah beberapa sudah saya lakukan, meski job masih belum seberapa. Yang penting ada dulu, disyukuri berapapun yang dikasih karena itulah rejekinya. Terpenting tetap semangat berkarya 🙂

    Betul, lumayan dapat job ya

  34. Madu Agus says:

    Paling males kalau buka webnya tuh lamaaa banget, jadi ngga mood lagi deh cari infonya

    Langsung hengkang ya

  35. rodame says:

    saya selalu merasa iri dengan blogger-blogger yang nulisnya itu bisa membumi pakdhe. Seperti tulisan pakdhe ini ringan tapi enak sekali dibaca, sepertinya saya masih agak kaku ya pakdhe, harus banyak belajar nulis yang ngenakin nih pakdhe, mungkin itu sebabnya tak begitu ramai yang ngasi saya job review or sponsored post, hehe.

    Tapi sering juara lomba dan GA kan

  36. echaimutenan says:

    Aku lagi nyoba keyword stuffingnya agak jauhan letaknya pak de ben cepet pejwane

    Jumlahnya juga perlu dibatasi

  37. Saya setuju banget atas ilmunya ini Pakdhe, sayang masih belum banyak yg saya praktekin. Tapi postingan Pakdhe ini bener2 kece dan mau saya simpan. Jarang2 ada blogger yang au berbagi dengan detail begini…Maturnuwun loh Pakdhe atas ilmunya…

    Mari kita pantaskan
    Mumpung lagi rame job hahahaha

  38. Langsung praktek aku pakde..oh ya ni blognya pakde lagi aku jelajahi hehehe lagi cari ilmu ceritanya 😛

    Silakan semoga nemu ilmu yang bermanfaat

Leave a comment