Menjawab Pertanyaan Dengan Postingan

Semalam seorang sahabat blogger berkonsultasi dengan saya tentang permasalahan yang terjadi di blognya. Pada widget Recent Posts (Artikel Terkini) yang ada di sidebar muncul potongan-potongan artikel yang sudah diterbitkan. Dengan demikian maka terjadi duplikasi dengan potongan-potongan artikel yang ada di homepagenya. Sidebar menjadi amburadul dan memanjang ke bawah. Tampilan blog seperti ini tentu tak elok dipandang mata. Menurutnya masalah ini muncul setelah sahabat tadi mengganti template.

Beberapa saran saya sampaikan. Sahabat langsung otak-atik blognya tetapi hasilnya nihil. Beberapa potongan artikel masih muncul di sidebar. Saya minta sahabat tadi mengganti template yang lebih simpel. Ternyata keadaan tak berubah. Kami sepakat untuk menghentikan kegiatan karena hari sudah cukup malam.

.

Potongan artikel yang muncul di sidebar menyebabkan sidebar

menjadi panjang

.

Pagi ini saya mencoba mengotak-atik blog saya yang saya jadikan laboratorium. Di blog inilah saya melakukan uji coba apapun sebelum saya menerapkannya di blog utama. Gadget, gambar header, cara pasang gambar beserta link, dan lain sebagainya. Hal ini saya lakukan agar blog utama tidak rusak karena uji coba tersebut. Selain itu juga tidak elok jika saya membuat tip atau tutorial blog ternyata tidak bisa dipraktekkan.

Uji coba saya mulai dengan memasang gadget Recent Pots. Hal ini karena saya memang tidak memasang gadget tersebut. Ketika saya melihat konfigurasi gadget ternyata pada kolom Summary Length terdapat angka 160. Dengan angka ini maka potongan artikel akan mejeng di sidebar. Bingo, ini mungkin biangnya. Angka tersebut saya hilangkan sehingga kolom Summary Length kosong. Setelah itu saya tekan tombol Save. Benar juga, pada gadget Artikel Terkini yang muncul kemudian hanyalah judul artikel dan tidak ada potongan-potongan artikel seperti yang ada di Homepage tengah.

Agar apa yang saya lakukan tersebut bisa diterapkan oleh sahabat tadi maka saya buat postingan khusus berjudul Cara Memasang Gadget Recent Post Agar Potongan Artikel Tidak Muncul Di Sidebar. Saya coba langkah demi langkah sambil membuat screnshot gambarnya. Saya beri penjelasan tiap langkahnya pada gambar agar mudah diikuti. Setelah itu artikel saya terbitkan. Bagi yang mengalami kasus serupa silakan membaca artikel tersebut.

.

Dengan mengonfigurasi gadget Recent Post (Artikel Terkini) maka di gadget tersebut hanya muncul judul-judul artikel saja

.

Nah bagi sahabat yang kebetulan diminta menjelaskan tentang sesuatu sebaiknya dibuat postingan agar orang lain juga dapat memanfaatkannya. Utamanya jika jawaban pertanyaan tersebut cukup panjang. Jika pertanyaannya sederhana dan mudah tentu bisa kita jawab dalam komentar status mereka atau melalui inbox. Dengan cara itu maka kita dan sahabat yang bertanya sama-sama mendapat keuntungan. Yang ditanya bisa update blog dan yang bertanya bisa mendapatkan jawaban yang lengkap. Pengunjung lain juga bisa mendapatkan tambahan ilmu.

Pernahkah sahabat mengalami masalah serupa?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

8 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. selalu mengalami masalah ini bukan di widget sidebar, tetapi di homepage..

    Kenapa homepagenya?

  2. Syukurlah saya menggunakan template yang sederhana .. jadi belum bermasalah…

    Template saya juga sederhana saja

  3. Sesekali blog ku tampil juga potongan2 artikel.. tetapi gak permanen.. ntar beberapa saat kembali normal.. Itu karena apa ya Pakde yg terjadi pada blogku?

    Kalau seperti itu mungkin faktor koneksi
    Sama dengam gambar yang nggak muncul2 ketika keonksi letoi

  4. Pakdheee pakdheee…saya mau juga donk dibuatin postingan tips agar menjadi blogger zuper keren kyk yg punya blog ini *mlayu keponthal2

    Yang nyuruh lebih pinter gitu kok

  5. Ternyata angka 160 itu, berpengaruh ya Dhe..?
    Catet..!

  6. Inayah says:

    beberapa kali pertanyaan temen di dunia nyata adalah sumber postingan

    Saya juga suka ngintip status teman2 untuk bahan postingan

  7. susanti dewi says:

    pertanyaan dari seseorang bisa menjadi alat belajar dan bahkan menjadi postingan yang bermanfaat ya Pakde

    Iya, ikut membantu solusinya juga

  8. ilmu baru lagi nih..makasih sharenya Pakdhe

    Sama2 Jeng

Leave a comment