Yahoo!_ Answer: Sarana Off Page SEO

Perkembangan menarik terjadi pada blogosphere. Para blogger sudah mulai sadar SEO (Search Engine Optimization) Blogger newbie pada umumnya masih fokus melaksanakan search engine optimization dalam blog atau on page SEO. Kegiatan ini antara lain membuat nama domain yang SEO friendly, memasang judul artikel berisi keyword, meta description, internal link, dan lain sebagainya. Sementara blogger yang sudah kawakan melangkah keluar dari blognya dengan melakukan off page SEO. Kegiatannya antara lain memanfaatkan social networking, submit artikel di berbagai situs, dan bergabung pada forum ternama. Kedua model SEO ini tujuannya sama yaitu agar peringkat blognya semakin baik pada SERP(Search Engine Result Pages)

Selain upaya di atas, blogger juga bisa memanfaatkan situs Yahoo!_ Answer sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan popularitas blognya. Ini merupakan situs tanya jawab yang sangat bermanfaat. Para pencari informasi dapat mengajukan pertanyaan atas berbagai hal yang ingin diketahuinya. Para pelajar misalnya dapat menanyakan pelajaran matematika. Sementara mereka yang hobi memelihara unggas dapat bertanya tentang cara berternak burung puyuh. Pengelola akan memilah pertanyaan pengguna dalam berbagai kategori. Sementara pengguna yang lain dapat menjawab berbagai pertanyaan sesuai dengan latar belakang pendidikan atau pengalamannya. Penjawab tentu saja bisa menjawab dari sumber lain namun dengan tetap menyertakan sumbernya.

Para blogger dapat berpartisipasi pada Yahoo!_ Answer, baik bertanya maupun menjawab pertanyaan pengguna yang lain. Salah satu manfaatnya adalah blogger menjadi dikenal orang, demikian pula blognya. Blogger dapat pula memanfaat pertanyaan pengguna untuk bahan postingan sehingga artikelnya berbentuk jawaban atas pertanyaan tersebut. Oleh karena itu jangan lupa memasang url artikel pada tempat yang disediakan agar link blog juga ikut populer. Tentu sangat bagus jika blogger bisa memilih menjawab pertanyaan pengguna sesuai topik blognya. Pemilik blog bertopik fotografi bisa menjawab pertanyaan seputar dunia potret-memotret dan aneka kamera. Demikian pula pemilik blog bertopik traveling bisa menjawab pertanyaan seputar tempat wisata yang menarik, budaya, atau sovenir khas daerah. Namun demikian tak ada salahnya jika pemilik blog gado-gado juga memanfaatkan situs ini.

Untuk dapat berpartisipasi dalam Yahoo!_Answer blogger harus melakukan pendaftaran (register) terlebih dahulu. Prosesnya tak jauh berbeda dengan melakukan pendaftaran pada situs yang lain yaitu menggunakan email dan memilih password. Setelah disetujui maka sahabat sudah bisa bergabung dengan situs ini.

Sebelum mencari pertanyaan dan menjawabnya akan lebih baik jika sahabat meilihat aneka kategori yang tercantum pada sidebar kiri dari situs ini. Kategori tersebut seperti di bawah ini:

1. Berita & Peristiwa

2. Bisnis & Keuangan

3. Bisnis Lokal

4. Elektronik Konsumen

5. Game & Rekreasi

6. Hewan Piaraan

7. Hiburan dan Musik

8. Ilmu Sosial

9. Jalan-jalan

10. Kecantikan & Gaya

11. Kehamilan & Peran Orangtua

12. Keluarga & Hubungan

13. Kesehatan

14. Komputer & Internet

15. Kuliner

16. Lingkungan

17. Makanan & Minuman

18. Masyarakat & Budaya

19.Mobil & Transportasi

20. Olahraga

21. Pendidikan & Referensi

22. Politik & Pemerintahan

23. Produk Yahoo

24. Rumah & Kebun

25. Sains & Matematika

26. Seni & Insani

.

Misalkan kita memilih kategori Kuliner maka klik kategori Kuliner (1). Kuliner dari berbagai negara muncul pada kotak hitam(2)  Jika sahabat akan menanyakan kuliner di suatu negara tinggal klik nama negara yang bersangkutan. Pertanyaan dapat ditulis pada kotak yang tersedia lalu tekan tombol kirim (3) Jawaban biasanya akan muncul beberapa waktu setelah pertanyaan dikirim. Jika belum ada jawaban biasanya diperpanjang lagi. Pertanyaan dan jawaban akan muncul di bawah topik kuliner (4)

 

.

Bagaimana cara menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna? Di bawah ini saya berikan contoh sebuah pertanyaan dari pengguna berbunyi:” Laron, ada yang pernah  makan?”

Muncul beberapa jawaban dari pengguna yang lain. Jika sahabat memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang laron maka sahabat bisa menuliskan jawaban pada kolom yang tersedia. Jika pernah menerbitkan artikel tentang laron maka sahabat bisa menambahkan url artikel tgersebut sebagai sumbernya. Lalu tekan tombol Kirim.

.

 

.

Jika jawaban kita dianggap benar dan bagus maka akan muncul kalimat: Jawaban Terbaik. Pengguna yang lain kemungkinan besar akan mengunjungi blog sahabat dengan klik link yang tercantum pada jawaban kita.

Semakin sering sahabat berpartisipasi di Yahoo!_Answer maka reputasi blog sahabat akan menjadi baik dan trafiknya juga akan meningkat. Inilah yang disebut Off Page SEO yaitu kegiatan di luar blog yang bisa mendongkrak popularitas blog.

Apakah ada off page SEO lainnya? Banyak, antara lain: sharing artikel di media sosial, blog directory, gabung di forum, dan lain sebagainya.

Mengakhiri artikel ini saya ingin memberitahukan bahwa saya sedang mengajukan pertanyaan di Yahoo!_Answer berbunyi:Langkah apa yang harus saya lakukan agar artikel blog cepat terindeks oleh mesin pencari? Terima kasih.

Mari kita tunggu apa yang akan terjadi. Jika sahabat ingin ikut menjawab pertanyaan saya dipersilakan.

.

.

Apakah sahabat telah melakukan off page SEO? Silakan share di sini agar bermanfaat bagi pengunjung yang lain.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

11 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Inayah says:

    sering kali aku googling, dapet infonya ya dari yahoo answer. okedeh..bikin ahh…ikut aktif di sana
    Bikin deh biar nambah akun hehehe

  2. febriyan says:

    Ah saya sendiri belum pernah menggunakan fasilitas ini Pakde. Nanti saya coba ah

    Silakan, semoga bermanfaat

  3. Alaika says:

    Wah, menarik nih, Pakdhe. Udah lama banget ga melirik Uncle Yahoo, mau coba juga ah! Thanks for share dan inspirasinya, Dhe.

    Salam hangat dari Depok.

    Bisa dicoba agar blog makin kece

  4. Eh..setelah baca postingan ini aku baru inget punya akun yahoo answer.. Aku sering menggunakan yahoo answer utk menjawab pertanyaan2 TTS yg kadang2 super sulit.. hehe..

    TTS bisa mengurangi pikun dini

  5. Thanks infonya Pakde, aku juga sering mampir ke Yahoo Aswer hehehe

    Sekali-kali urun njawab Jeng

  6. nisa says:

    thank you alias makasih sharingnya.

    sama2

  7. Wah mantab sekali Pakde tipsnya. Belum pernah kepikiran untuk memanfaatkan Yahoo Answer. Maturnuwun

    Lumayan untuk meningkatkan performance blog

  8. Jiah says:

    Saya biasanya baca aja, Dhe. Blm pernah tanya di yahoo answer

    Saya juga baru sekali bertanya

  9. […] dalam forum diskusi yang berkaitan dengan topik blognya. Ada baiknya juga jika blogger mengintip Yahoo!_Answer untuk melihat pertanyaan apa saja yang sering diajukan oleh pengunjungnya. Ini untuk memperkaya […]

  10. bengkel says:

    wah … bisa menjadi ladang nyepam baru nih pakdhe hehehe

    Ladang berbagi ilmu mestinya

  11. Kalau pas membutuhkan informasi, seringkali mendapatkannya dari yahoo, meskipun belum ngeuh kalau bisa diakses berbagai macam hal.
    Maturnuwun, tambah satu info lagi untuk sering dikunjungi

    Betul. Kita beruntung ada internet
    Namun harus tetap menjaga diri agar tak tergiur terhadap hal-hal yang kurang bermanfaat

Leave a comment