7 Tips Berwisata Murah, Aman, dan Nyaman

Traveling aman dan nyaman merupakan dambaan bagi banyak orang. Alasan kepergian mereka tentu beraneka ragam. Ada yang urusan bisnis, liburan, atau mengunjungi kerabat atau sahabat, termasuk kekasihnya. Aneka informasi serta tip dan info wisata tentu sangat membantu guna menghindari kesulitan-kesulitan yang mungkin mereka hadapi dalam perjalanan atau selama di tempat tujuan.

Wisatawan bisa saja menjadi korban tindak kriminal, gangguan, pengalaman atau kesulitan yang tak terduga sebelumnya akibat kurangnya informasi. Selain itu para pelancong juga harus menyesuaikan dengan perbedaan cuaca, bahasa, budaya, adat-istiadat, dan lain sebagainya. Adakalanya wisata yang diharapkan bisa menggembirakan hati bisa berubah menjadi mimpi buruk.

Dilihat dari jumlah personil yang ikut wisata dapat dilakukan sendiri, bersama keluarga, atau dalam rombongan. Piknik bersama rombongan teman sekolah, kantor, instansi, perusahaan memang lebih menyenangkan. Namun demikian gerakan biasanya terbatas karena tujuan dan jadwal sudah ditentukan sejak awal. Jika ada orang yang kurang disiplin dalam mentaati aturan atau ketentuan maka acara piknik bisa terganggu. Maklum dalam kegiatan seperti ini kebiasaan dan perilaku peserta wisata beraneka ragam.

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Melakukan Wisata

1. Penting untuk memahami budaya, kebiasaan, hukum, peraturan yang berlaku di perjalanan atau daerah tujuan. Apa yang pantas dilakukan di daerah Anda belum tentu pantas di lakukan di daerah tujuan wisata.

2. Sebaiknya tak usah membawa barang-barang berharga seperti emas, intan, berlian, dan sebangsanya.

3. Jika membawa obat-obatan jangan lupa memberi label yang tepat agar tidak salah dalam mengonsumsi obat. Jangan lupa membawa pula uang yang cukup untuk makanan, penginapan, transportasi, dan kebutuhan lain agar tidak terlantar.

4. Jika bepergian membawa balita harus juga memperhatikan kondisi si kecil. Jarak tempuh dan kondisi cuaca perlu dipertimbangkan. Fokus kepada daya tahan anak-anak. Jika orangtua masih segar-segar saja menempuh perjalanan panjang belum tentu hal itu juga berlaku bagi anak-anak. Persediaan makan dan minum serta obat-obatan harus memadai. Pada saat berada dalam suatu kerumunan maka keamanan dan kenyaman anak-anak juga harus mendapat perhatian penuh.

5. Jangan pernah melibatkan diri dalam tindak pidana atau pelanggaran etika, norma, atau adat-istiadat. Sangat dianjurkan menjaga ucapan, sikap, dan tingkahlaku di manapun kita berada.

Beberapa Tips Praktis

Berikut saya sampaikan tip praktis yang bermanfaat selama Anda melakukan perjalanan wisata.

1. Buat perencanaan dan persiapan yang matang sebelum melakukan wisata.

Wisata bisa berjalan dengan lancar, nyaman, aman, dan menyenangkan jika direncanakan dengan baik, dipersiapkan dengan baik, dan dilaksanakan dengan baik. Pelajari dengan seksama daerah atau kota tujuan wisata, termasuk rute utama dan alternatifnya. Lebih bagus jika Anda membeli peta yang dijual di toko buku atau mengunduhnya dari internet.

Perencanaan dan persiapan meliputi aspek siabidiba (siapa, apa, bilamana, di mana, dan bagaimana) Jumlah personil, lama wisata, dan jumlah tujuan wisata akan berpengaruh terhadap biaya, perlengkapan, kegiatan, dan keamanan. Guna mencegah kelupaan maka akan sangat baik jika dibuat juga checklit barang yang akan di bawa selama berwisata. Dress code di suatu tempat mengharuskan Anda membawa pakaian dan perlengkapan yang sesuai. Jika bepergian saat musim penghujan selayaknya membawa serta pakaian hangat, misalnya jaket, sarung tangan, tutup kepala hangat, dan lain-lainnya.Tak elok dan bahkan bisa menimbulkan masalah jika Anda sampai ketinggalan KTP, SIM, STNK, padahal dokumen tersebut sangat diperlukan. Demikian pula obat-obatan dan benda lain yang Anda butuhkan. Jika memiliki kartu BPJS selayaknya juga dibawa.

2. Hindari berwisata di hari libur.

Melakukan wisata saat liburan sekolah dan hari besar tentu berbeda dengan hari-hari biasa. Harga tiket angkutan umum, hotel,  atau penginapan biasanya melonjak. Peminatnya juga banyak sehingga pemesan tiket atau booking hotel perlu dilakukan jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Ini juga akan berpengaruh terhadap kepadatan lalu lintas di jalan raya. Lebih bijak jika bisa menghindari berwisata di hari libur.

3. Manfaatkan sahabat atau kerabat sebagai tour guide.

Bila ada kerabat atau sahabat di tempat tujuan sebaiknya dihubungi. Mereka bisa diminta bantuan unuk menjadi semacam tour guide atau pemandu wisata. Mereka bisa menunjukkan tempat wisata yang bagus, kuliner yang enak, dan tempat belanja oleh-oleh yang murah-meriah. Selain itu juga untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu selama wisata misalnya ada badai, banjir bandang, atau hura-hara dalam perjalanan atau di tempat tujuan wisata. Catat nama, alamat, dan nomor telepon mereka ya.

4. Cari tiket transportasi yang paling murah. Rajinlah berselancar di internet untuk mencari dan menemukan moda transportasi yang paling murah. Jika beruntung Anda bisa menemukan aneka promo tiket. Harap diingat bahwa kereta api kelas ekonomi jaman sekarang juga sudah tertata dengan baik. Selain gerbong ber AC tempat duduk juga tersedia sesuai jumlah penumpang. Kini tak ada lagi kereta api kelas ekonomi yang berdesak-desakan sampai ada yang duduk di lantai.

5. Cari tempat wisata yang tiket masuknya murah atau gratis.

Tempat wisata yang menyenangkan dan mengesankan tak selalu berbiaya tinggi. Itulah sebabnya survei atau riset melalui internet diperlukan. Agen traveling biasanya menyediakan brosur tempat wisata, acara, dan juga biayanya. Jika ada tenpat wisata yang gratis atau harga tiketnya murah layak dipertimbangkan sebagai tempat tujuan wisata. Hilangkan gengsi yang penting tujuan untuk bersenang-senang tercapai.

6. Manfaatkan Wifi di tempat umum.

Harus diakui bahwa jaman sekarang gadget bukan barang mewah lagi. Hampir setiap orang asyik-masyuk main gadget kapan saja dan di mana saja. Mereka menggunakan benda mungil ini untuk berkomunikasi dengan orang lain, main games, ngeblog, mendengarkan lagu, nonton video streaming, upload foto selfie, dan bercengkrama di media sosial. Agar keasyikan tidak terganggu sebaiknya memanfaatkan wifi yang tersedia di tempat umum. Ini untuk menghemat anggaran membeli pulsa.

7. Cari dan booking hotel murah.

Tujuan kita berwisata atau piknik tentu bukan untuk pindah tidur tetapi untuk menikmati keindahan alam, melihat aneka kuliner, budaya, tradisi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu untuk tempat menginap tak harus memilih hotel yang tarifnya mahal. Apalagi jika jadwal kegiatan wisata cukup padat dan lebih banyak di luar tempat bermalam. Cari dan booking hotel murah saja namun tetap nyaman, aman, dengan fasilitasnya memadai, dan pelayanannya juga oke. Sekali lagi singkirkan gengsi tetapi kedepankan fungsi. Wisatawan asing biasanya memilih penginapan murah-meriah karena mereka ingin uang yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat wisata.

Airy Kranggan Surabaya

Nyaman tak harus mahal – Airy Sawahan, Kranggan, Surabaya

Courtesy: airyroom.com

Berwisata murah, aman, dan nyaman dapat tercapai dengan memilih moda transportasi, penginapan, dan tempat wisata yang harganya terjangkau sesuai budget kita. Perlu kecermatan dalam perencanaan dan persiapan sebelum wisata dilaksanakan.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

12 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Lidya says:

    cari yg murah tai bersih ya pakde. Seharian kan jalan2 tinggal tidur malam

    Betul. Yang penting bisa istirahat dengan tenang dan aman

  2. Tipsnya bermanfaat Pakde, terutama soal siabidiba 😀
    Tapi kalo saran untuk berwisata jangan di hari libur, gimana ya.. soalnya anak-anak harus sekolah, bapaknya juga harus kerja. Terpaksa wisatanya di hari libur, deh.

    Iya, harus cermat memang, apalagi harga tiket biasanya naik, hotel penuh, macet di mana-mana, dll

  3. biasanya merencanakan dulu kalau mau liburan, biar nggak jebol nih anggaran 😀

    Iya banyak godaan

  4. ndop says:

    Aku kalau piknik banyak orang juga males. Mau foto pemandangan selalu ada orang mengganggu di belakang. Dulu pas di goa pindul itu kayak gak jadi piknik soale wong sal ndiayak nglumpuk mlebu guo haha

    Tumpengan dalam gua ya Mas

  5. Idah Ceris says:

    Tapi, kalau ngga pas hari libur, aku ngga bisa liburan, Pakde. Maklum, Ibu pekerja. 😀

    ya hari libur pikniknya

  6. Inayah says:

    Sepakat soal jangan ambil high season. Ini kebukti ampuuhh

    Ramai sekali dan tiket2 harganya naik

  7. Nah, bawa obat-obatan ini penting, Pakde. Sebagian orang sering melupakan.

  8. Wooo tipnys membantu sekali… ada tips mengirit uang juga waahhh istimewa

    Kalau nggak irit nanti jebol dompetnya

  9. Eko Nurhuda says:

    Langsung meluncur ke situs yg direkomendasikan, Pakde. Insya Allah beberapa bulan lagi adik saya wisuda di Bogor, jadi mau nyari-nyari hotel yang nyaman tapi gak bikin kantong bolong di sekitaran IPB nih. Trims infonya ya.

    Asyik, ikut donk

  10. Tapi kayaknya rata-rata kamar hotelnya ndak ada kolam renang ya, Pakde?

    Ya jelas donk, emang ada hotel yang ada kolam renang di kamarnya?

  11. Mechta says:

    Yg no 2 tuh.. Pengennya sih gt Pakde, krn sdh merasakan uyel2an saat long weekend, sayangnya klo ga pas libur bgt susaaah cari waktu pergi bersama hehe..

    Iya memang
    Buah simalakama ya

  12. fajri says:

    jangan bawa barang mewah, atau juga bawa hati-hati barang elektronik seperti hp biar gk ilang atau jatuh di air

    Kehati-hatian memang perlu

Leave a comment