Berlibur Menggunakan Jasa OTA

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat memberikan dampak yang positif bagi manusia. Anggota masyarakat semakin kreatif dalam berinovasi di berbagai bidang. Hal ini akan memiliki nilai jual tersendiri di masyarakat. Jika teknologi atau penemuan yang hadir itu memberikan banyak kemudahan tentunya akan digemari masyarakat. Kondisi seperti ini menjadikan manusia tak akan berhenti melakukan inovasi bagi kemaslahatan masyarakat.

Bidang pariwisata merupakan ladang yang bagus untuk mereka garap. Maklum sektor ini sudah menjadi kebutuhan manusia yang ingin berlibur dan bersantai sambil beristirahat setelah bekerja keras mencari nafkah atau menuntut ilmu. Berbagai terobosan dilakukan sehingga menjadikan liburan semakin nyaman dan mudah dilaksanakan. Karena berbagai kesibukan, terkadang kita sering sekali kerepotan saat moment liburan itu tiba. Akibatnya liburan yang seharusnya menyenangkan hanya terlewat begitu saja tanpa meninggalkan bekas kenangan terindah.

Dengan kemajuan teknologi dewasa ini, banyak layanan publik yang berbasis online. Masyarakat yang akan berbelanja kebutuhan sehari-hari menjadi semakin mudah karena bisa menggunakan aplikasi belanja online. Untuk mendaftar sekolah pun sekarang sudah bisa memanfaatkan internet untuk mengakses situs sekolah atau perguruan tinggi. Pariwisata pun tak ketinggalan. Sekarang terdapat beberapa perusahaan jasa travel online yang akan memberikan bantuan untuk pelayanan liburan Anda.

Sebuah agen perjalanan OTA, Online Travel Agent yang bergerak dalam jasa travel berbasis online telah hadir untuk menciptakan kemudahan liburan Anda. Travel agent ini siap membantu Anda untuk booking tiket pesawat, tiket kereta api, atau melakukan pemesanan kamar hotel. Anda tak perlu lagi bersusah payah ke bandara, stasiun, atau hotel untuk melakukan pemesanan tiket atau kamar hotel karena semua bisa dilakukan di OTA.

Di bawah ini dijelaskan beberapa brand OTA yang dapat Anda gunakan untuk mengurus kebutuhan liburan Anda.

.

1. Booking.com

Merupakan biro perjalanan terkemuka di dunia.Travelers sejati pasti mengetahui perusahaan travel ini. Sejak diresmikan tahun 1996, perusahaan asal Belanda ini  melayani pemesanan kamar hotel – hotel di seluruh dunia. Perusahaan ini memiliki staf – staf karyawan yang dapat melayani konsumen dalam 42 bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

Travel ini tidak memungut biaya saat Anda melakukan pemesanan, tetapi cukup membayar setelah Anda selesai menginap. Lalu bagaimana perusahaan ini mengambil keuntungan? Mereka hanya mengambil komisi 15 % – 20 % untuk setiap penjualan kamarnya.

Kelebihan perusahaan travel agent ini adalah tersedianya website yang didukung oleh akurasi data yang tepat. Tidak ada unsur tipu menipu saat melakukan pemesanan. Anda dapat membayar langsung ke hotel jika Anda belum percaya dengan travel agent ini.

.

Travel agent

Sumber: tech.eu

.

2. Agoda

Walaupun berdiri lebih lama dari booking.com yaitu tahun 1990, tak membuat perusahaan ini kalah dalam persaingan di dunia bisnis travel online. Agoda merupakan perusahaan layanan jasa untuk pemesanan kamar hotel yang berfokus di hotel kawasan Asia Pasifik.

Perusahaan yang berpusat di Bangkok, Singapura, dan Filipina ini berbeda dengan booking.com untuk mekanisme pembayarannya. Mereka menggunakan sistem kartu kredit sehingga customer tidak bisa langsung ke hotelnya.

Perusahaan ini juga menyajikan aplikasi dan website yang mempunyai keakurasian informasi dan data terkait hotel – hotelnya.

.

Travel agent

Sumber: gmanetwork.com

.

3. TripAdvisor

Berbeda dengan 2 travel agent sebelumnya, TripAdvisor merupakan perusahaan yang menawarkan lebih dari sekedar hotel saja. Disini juga terdapat layanan penerbangan. Brand OTA ini biasanya sering digunakan para usernya untuk memberikan opini tentang pengalaman menginap mereka dan obyek wisatanya. Sehingga hal ini dapat membantu Anda dalam menyusun perencanaan berlibur Anda.

.

Travel agent

Sumber: tripadvisor.co.uk

.

4. Traveloka

Perusahaan asal Indonesia ini, berfokus kepada biro perjalanan pemesanan kamar hotel dan tiket pesawat di penerbangan domestik Indonesia. Dilihat dari segi umur, perusahaan ini masih terbilang muda karena baru berdiri pada tahun 2012. Walaupun demikian dia sudah memiliki banyak kepercayaan dari para konsumennya.

Pada awalnya mereka hanya berfokus untuk memberikan perbandingan harga tiket pesawat. Lalu pada tahun 2013 berubah menjadi reservasi tiket pesawat terbang. Mulai tahun 2014 perusahaan ini merambah ke bisnis reservasi kamar hotel yang diusung oleh pendirinya yaitu Ferry Unardi.

.

Travel agent

Sumber: press.traveloka.com

.

Itulah beberapa ulasan perusahaan OTA yang dapat Anda manfaatkan untuk kemudahan berlibur Anda. Selamat mencoba.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

9 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Inayah says:

    Andalanku traveloka sama booking dot com. Sekarang lbh srg traveloka sih

    Karena lebih Indonesia ya

  2. Saat ini makin mudah ya Pakde melakukan booking tiket pesawat atau hotel.. Bisa pake online.. praktis dan simpel ya Pakde..

    Nggak perlu kemacetan dan kehujanan wal kepanasan

  3. Yessi Greena says:

    Untuk hotel aku biasanya pake accorplus karena member, ratenya lumayan banget dibanding published rate di beberapa online booking. Kalau pesawat lebih sering pakai traveloka 🙂

    Kita bisa memilih yang bagus ya

  4. Mike says:

    semakin mudah aja sekarang mau pesan apapun..
    nice mas..

    Tepat sekali. Teknologi memang bermanfaat bagi kehidupan kita

  5. Semua semakin mudah berkat teknologi. Mau mencari tempat wisata, memesan hotel atau pesan tiket, semuanya bisa secara online. Liburan pun jadi terencana ya, Pakde.

    Iya, meringankan tugas kita

  6. monda says:

    OTA ini sangat mempermudah hobi jalan2 deh pak de…
    mesan tiket pesawat dan hotel jadi mudah banget

    Iya, apalagi kayak saya yang tinggal di kampung

  7. klo sy langsung daftar jadi agen, jadi tinggal booking sendiri pake harga agen 🙂
    lebih murah dari harga di OTA.

    Iya, untung kiri-kanan

  8. Solo update says:

    alhamdulillah, sekarang dengan adanya aplikasi booking lyanan pesawat memudahkan saya utk melakukan perjalanan

    Betul, nggak usah panas-panasan atau kehujanan

  9. Ranto N says:

    Online Travel Agent (OTA) memang benar-benar memberi kemudahan pagi orang yang ingin melakukan perjalanan, terutama ke tempat-tempat yg belum pernah dikujungi sebelumnya.

    Betul, membuat mudah pekerjaan

Leave a comment