Cara Booking Tiket Kereta Api Lebaran 2016

Booking tiket kereta apiTiket kereta api Lebaran 2016 sudah mulai dipromosikan oleh penjual jasa transportasi online. Saya menerima SMS tentang hal tersebut. Dikatakan bahwa tiket kereta api sudah bisa dipesan mulai tanggal 27 Maret 2016 untuk keberangkatan tanggal 26 Juni 2016. Dalam SMS tersebut juga disertakan alamat situsnya. Pada kalender saya tertera Hari Raya Idul Fitri 1437 H jatuh pada tanggal 6-7 Juli 2016. Sistim penjualan tiket seperti ini memang berbeda dengan yang saya alami beberapa puluh tahun yang lalu.

Ketika saya dinas di Pudikpom Cimahi selalu mudik ke Jombang menjelang Idul Fitri. Sebagai anak tunggal saya wajib bersilaturahmi dengan Emak, kerabat, sahabat, dan tetangga di kampung. Kurang elok jika pada hari baik itu Emak termangu-mangu dan menangis karena saya sekeluarga tidak berada di sisi beliau. Moda transportasi yang saya sukai tentu saja kereta api yang saya anggap nyaman dan aman.

Beberapa hari sebelum kepulangan ke Jombang saya sudah mencoba antri di stasiun Bandung. Alamak, antriannya panjang banget. Calon penumpang benar-benar membludak di stasiun sejak pagi hingga malam hari. Campur aduk, ada pria, wanita, anak muda, dewasa, bahkan manula. Mereka rela duduk bahkan tidur lesehan. Kala itu calo karcis masih cukup banyak jumlahnya.

Melihat antrian panjang tersebut saya keder dan akhirnya menyerah. Saya minta bantuan kepada staf yang masih bujangan untuk ikut dalam barisan antrian. Tentu saja saya beri bekal untuk membeli makanan dan minuman plus uang lelah. Dengan cara itu maka saya bisa mendapatkan tiket kereta api tanpa harus antri.

Jaman berganti musimpun bertukar. Kemajuan teknologi telah dimanfaatkan dengan baik oleh manusia. Kegiatan antri karcis di stasiun memang masih berlangsung. Namun sudah ada cara lain yang bisa ditempuh oleh calon penumpang kereta api. Calon penumpang tak perlu datang ke stasiun dan antri berjam-jam. Berikut disampaikan beberapa cara booking tiket kereta api lebaran 2016.




.

1. Booking tiket secara online melalui situs resmi PT. Keretapi Indonesia (Persero)

Dengan memanfaatkan situs ini kita tak perlu berlama-lama wal berdesak-desakan di depan loket pemesan tiket di stasiun. Kita tinggal klik tombol Reservasi dan mengikuti petunjuk langkah demi langkah. Dimulai dengan pengisian data tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan, dan jumlah penumpang dewasa maupun anak-anak. Setelah mengisi data diri sesuai identitas, calon penumpang akan mendapatkan kode pembayaran yang dapat dibayarkan dengan ATM pada bank yang ditunjuk. Kita juga dapat membayar di minimarket, dan payment point. Setelah konfirmasi pembayaran dilakukan maka kita sudah bisa mendapatkan tiketnya.

.

Cara pesan tiket kereta api lebaran

Situs resmi PT.Kereta Api Indonesia (Persero)

.

2. Pesan tiket di channel PT. Kereta Api Indonesia. Dalam situs resminya juga dicantumkan pihak-pihak yang bekerjasama. Kita tinggal klik tombol Channel lalu muncul beberapa sub menu pihak yang melayani pemesanan tiket.

a. Memanfaatkan Rail Card

Ini merupakan kartu kartu prepaid sebagai pengganti uang tunai. Kartu ini dapat digunakan untuk pembelian tiket kereta api, berbelanja di merchant-merchant yang memasang logo BNI Prepaid. Card ini juga berfungsi sebagai Kartu Keanggotaan Kereta Api.

Rail Card dapat diperoleh di kantor-kantor cabang BNI dan Customer Service di stasiun KA. Harga kartu perdana Rp. 20.000,- (dua puluh ribu rupiah) dan dapat diisi ulang (top up) sampai dengan Rp1.000.000,- (satu juta rupiah) di ATM BNI, merchant BNI, dan mesin EDC (Electronic Data Capture) yang ada di loket stasiun KA. Setiap pembelian tiket KA menggunakan Rail Card akan mendapatkan poin reward yang dapat ditukarkan dengan tiket gratis.

Rail Card ini digunakan di Rail Box yaitu mesin penjual tiket kereta api . Mesin ini ditempatkan di stasiun-stasiun besar, di mall-mall, dan di tempat-tempat yang telah ditentukan.

b. Pemesan melalui Contact Center

Dilakukan dengan panggilan melalui nomor 121 (PSTN) atau 021-121 (GSM) dan melakukan pemesanan tiket sesuai KA yang dikehendaki. Cara ini dilakukan untuk waktu keberangkatan H-90 hari sampai dengan H-5 jam sebelum keberangkatan KA. Setelah itu pemesan akan mendapatkan kode booking/kode bayar. Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai cara antara lain melalui BNI, BCA, Mandiri, BRI, Mini market, payment point, dan masih banyak lagi.

Pembayaran dilakukan maksimal 3 (tiga) jam setelah mendapatkan kode booking/kode bayar. Pemesanan dianggap batal jika tidak dilakukan pembayaran dalam periode waktu tersebut.

Bukti pembayaran ditukarkan dengan tiket KA di stasiun online terdekat.

c. Rail Agent

Rail Agent adalah badan usaha /perusahaan yang berbadan hukum yang mewakili PT.Kereta Api Indonesia (Persero) dalam memasarkan, mempromosikan, dan melayani pemesanan karcis di daerah tertentu. Daftarnya dapat dilihat di situs pada menu Channel.

Kita harus datang ke lokasi Rail Agent tiket KA yang dekat domisili kita untuk memesan tiket. Setelah membayar biaya sesuai yang tertera dalam tiket maka tiket bisa kita dapatkan.

d. Mobile Ticketting Online

Inovasi layanan ini bertujuan untuk semakin memudahkan pengguna jasa KA dalam mendapatkan tiket. Untuk saat ini  Mobile Ticketing Online baru beroperasi di Daop 1 Jakarta, Daop 3 Cirebon, Daop 4 Semarang dan Daop 5 Purwokerto. Akan segera menyusul di Daop lainnya.

e. Stasiun Online

Layanan ini tersedia di stasiun kereta api.

f. Drive Thru

Merupakan layanan tambahan berupa layanan pemesanan tiket dalam kendaraan. Pembeli tiket yang menggunakan kendaraan mobil tidak perlu parkir ataupun turun dari kendaraan. Mereka cukup masuk ke dalam jalur drive thru dan petugas loket akan melayani dengan cepat.

Untuk saat ini layanan tiket Drive Thru telah tersedia di Stasiun Gambir, Cirebon, Semarang Tawang. Segera menyusul di Surabaya serta kota-kota lain.

f. Mitra Lainnya

Beberapa perusahaan yang bermitra dengan PT.KAI antara lain: Alfamart, Indomart, Alfamidi, Pos Indonesia, situs penjual tiket, dan lain sebagainya. Setelah melakukan pemesanan dan membayarnya maka kita akan mendapatkan struk tanda bukti booking. Selanjutnya kita bisa mencetak tiket di stasiun dengan memasukkan kode booking yang ada pada struk tersebut. Saya sudah beberapa kali booking tiket di Indomart.

.

Cara booking tiket lebaran 2015

Mitra PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang melayani pembelian tiket kereta api

.

Harap diingat bahwa situasi booking tiket kereta api lebaran berbeda dengan dengan hari-hari biasa. Menjelang lebaran pasti banyak orang yang akan mudik. Oleh karena itu kita perlu memanfaatkan dengan baik sejak masa pembelian tiket lebaran sudah dimulai. Masyarakat sudah melek internet sehingga pembelian tiket secara online dan offline juga membludak.

Cara booking tiket kereta api lebaran 2016 ini bukan iklan atau job review. Harap maklum.

Catatan: gambar dipinjam dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
Sudahkah sahabat menyiapkan diri untuk mudik Idul Fitri 1437 H?


Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

20 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Inayah says:

    H-90 jam 12 malem..siap siap begadang…hahahah

    Hooh, agar dapat tiket ya

  2. Saya ndak mudik dhe, lha wong suami tetangga kampung. 🙂

    Terima kasih infonya Dhe

    Sama dengan anak saya
    Suaminya tetangga kampung dan jaraknya dekat sekali

  3. Lidya says:

    bulan depan saya harus mulai booking juga untuk tiket lebaran nih pakde

    Semarang…Semarang

  4. Lebaran tahun ini barengan dengan libur sekolah anak-anak.
    Meski tidak merayakan Lebaran tapi tetep ikut mudik juga ke rumah ortu 🙂

    Iya sekalian jalan2

  5. evik yuli says:

    asyik dah om,, referensi buat nanti om mesti nabung yang rajin dari sekarang hehe semangat blogger om ..

    Iya, pasti rebutan

  6. blue wizard says:

    kalou aku sih booking tiket kereta api 2 bulan sebelum lebaran kan lumaya harga masih standar duit pun hemat ya gak dek

    Iya agar nggak telat

  7. Dewi Fatma says:

    Pengen sih naik kereta, apa daya nggak ada kereta ke kampungku, Pakdhe.. 🙂

    Mbuat donk

  8. opickaza says:

    sampai sekrang saya belum bersiap pulang dari papua, soalnya memang belum tahu kapan akan libur semesternya

    Di sana saja Mas

  9. arka says:

    ku pesen dulu tiket 1 bln sebelum lebaran deh biar gak repot cari tiket kereta api

    Jangan sampai kehabisan ya

  10. Mugniar says:

    Siapa tahu kapan2 saya ke JAwa dan butuh tiket kereta api menjelang lebaran. Ini bisa jadi acuan, Pakdhe. Terima kasih sharing-nya.

    Kapan main ke Jawa?

  11. Aih..kapan ya bisa naik kereta api 🙁 Ini Rani cuma lihat sepintas saat perjalanan Jakarta-Bandung beberapa waktu yang lalu sudah heboh duluan.. semoga kapan-kapan bisa merasakan travelling pakai kereta api.

    Setidaknya sudah tahu cara bookingnya dulu 🙂

    Coba sekali-kali jalan2 ke Surabaya

  12. Abi Sabila says:

    masih lekat dalam ingatan, dua malam berturut-turut begadangan, mantengin hp dan laptop untuk mendapatkan tiket kereta secara online, hasilnya zonk dan akhirnya mudikpun tertunda.
    Mudah-mudahan lebaran tahun ini bisa mudik dengan kereta agar terhindar dari kemacetan yang melelahkan. Amiin.

    Dulu masih banyak calo ya Mas

  13. udah mulai booking tiket ya Pakdhe..aaah kangen mudiiik aku. Di sini lebarang hanya lbur satu hari, setelah itu meeting di UN jalan teruuus

    Iya, mulai digelar

  14. didut says:

    Hayooo Sabtu Minggu bergadang.. Wifi on. HP 3 laptop 1 …. … Siap tempur

    hahahaha….semoga berjaya dalam pertempuran

  15. Ecep says:

    Siap2 begadang H-90 lebaran di jam 00:00 siapkan peralatan tempur: laptop, quota internet, pulsa, payment ponit, dan pastinya kopi item mbah dukun hehe

    hahaha…mantap nian

  16. bustan says:

    Giliran dah jam 00.00 ga bisa akses , jaringan dlm antrian .error , i tried 100 times tp sama aja ga bisa .

    Jangan2 habis ya Mas
    Biasanya nanti ada gerbong tambahan

    • satria says:

      sy mau tanya klo booking tiket di stasiun msh ad ga ya buat tgl 4 juli 2016 klo semuanya online kasihan orang2 yg g ngerti dan percuma sj ad stasiun klo semuanya d onlinekan

      Beli di stasiun juga bisa kok tapi ya antri
      Untuk mengurangi antri itulah dionline kan

  17. ningsih says:

    kalo beli tiket kereta utk lebaran yg pasti dapet gmn caranya ya.. krn pengalaman kmrn lewat online gagal total.. mohon info utk hari H

    Beli di indomart atau toko/tempat lain yang kerjasama dengan KAI

  18. Amiyaputri says:

    Saya mau tanya, saya sudah pesan tiket kereta di minimarket untuk ke jogja sejak mei lalu, untuk check in apakah harus pas hari H saja ?

    Check in atau cetak tiket? Kalau cetak sebaiknya ya secepatnya.
    Kalau check in ya sesuai jadwal keberangkatan

    • Amiyaputri says:

      Sudah di cetak di minimarket tertera beserta kode bookingnya, cek in tidak bisa jauh2 hari ya?

      Print tiket bisa kapan saja

Leave a comment