Menginap di Swiss Belhotel Cirebon, Jangan Lupa Cicipi Kuliner khas Cirebon di Restoran ini!

Selamat datang di kota Cirebon! Kota yang dijuluki Kota Udang ini sering dijadikan tempat singgah oleh para pemudik atau pelancong yang ingin ke Jawa Tengah atau Jawa Timur. Meskipun sering dijadikan tempat singgah, Cirebon juga sering dijadikan destinasi utama untuk berwisata karena kota ini juga memiliki beragam tempat wisata yang cukup menarik.

Gua Sunyaragi, dan dua keraton yang melegenda seperti Keraton Kesepuhan dan Keraton Kanoman adalah tempat wisata yang cukup sering dikunjungi oleh pelancong. Karena sejarah dan cerita legenda di kota ini cukup terkenal maka bangunan-bangunan bersejarah menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Masih ada lagi Batik Trusmi yang sudah cukup terkenal. Di tempat wisata belanja tersebut jangan lupa beli batik khas Trusmi dan souvenir khas Cirebon lainnya ya.

Amat sayang rasanya jika singgah atau berkunjung ke kota Cirebon hanya sehari, apalagi kalau sudah mencicipi kuliner khas Cirebon. Bersiap-siaplah terjangkit kerinduan akan kota ini! Nasi jamblang, tahu gejrot, es sirup tjampolay, adalah beberapa kuliner khas Cirebon yang bisa menggugah selera makan kamu.

Nah, jika kamu ingin berlibur di Cirebon dan butuh tempat untuk menginap di kota udang ini enggak perlu khawatir. Di kota ini terdapat banyak hotel dan penginapan yang bisa kamu pilih. Salah satu penginapan yang cukup strategis di jantung kota Cirebon adalah Swiss Belhotel Cirebon. Hotel ini beralamat di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo nomor 26, kota Cirebon. Lokasinya dekat banget dan nempel sama Cirebon Super Block Mall (CSB Mall).

.

csb-mall

CSB Mall pada malam hari via saegaleri.com

.

Kamar di hotel ini terbagi menjadi tiga tipe yaitu deluxe, superior deluxe, dan business suite. Di dalam kamar sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti WiFi, meja kursi, dan TV. Untuk kamar mandinya juga cukup bersih dan ameneties yang lengkap. Namun sayang di beberapa kamar mandi hotel ini tidak tersedia bathub.

Salah satu aktivitas yang enggak boleh kamu lewatkan saat menginap di hotel ini adalah wisata kuliner. Karena hotel ini dekat dengan mall dan berada di jantung kota maka untuk menemukan tempat makan yang enak tidaklah terlalu sulit. Berikut ini adalah 2 tempat makan yang wajib kamu kunjungi saat menginap di Swiss Belhotel Cirebon atau saat berada di kota ini. Check this out!

  1. Nasi Jamblang Mang Dul

Makan Nasi Jamblang adalah aktivitas yang enggak boleh kamu lewatkan saat di Cirebon. Dekat Swiss Belhotel Cirebon terdapat warung nasi Jamblang yang cukup terkenal dan recommended untuk dikunjungi, Nasi Jamblang Mang Dul namanya. Lokasinya di Jalan Kartini, tidak sampai 1 kilometer dari hotel. Mudah kok untuk dijangkau.

Nasi jamblang merupakan nasi yang dibungkus dengan daun jati. Lauk pauknya disajikan dengan cara prasmanan dan banyak pilihan. Ada perkedel, rendang, dendeng, ati, pepes , dan lain-lain. Banyak pengunjung yang terkadang tidak hanya menyantap sebungkus nasi jamblang. Di antara pembeli bahkan ada yang bisa menghabiskan 5 bungkus nasi jamblang. Wow!

Warung Nasi Jamblang Mang Dul buka mulai jam 6 pagi dan tutup sampai hidangannya habis. Jangan sampai kehabisan ya!

.

Nasi Jamblang Mang Dul Cirebon

Aneka lauk di nasi jamblang mangdul via kabarkuliner.com

.

  1. Warung Bang JT

Di tempat makan Warung Bang JT kamu bisa mencicipi kuliner khas Cirebon lainnya yaitu empal gentong. Di sini kamu bisa menikmati empal gentong tanpa harus khawatir dengan kolesterol dan lemak. Empal gentong di Warung Bang JT dibuat dari daging sapi bagian paha. Kadar lemak di bagian ini lebih rendah dibanding bagian lainnya. Kuah yang tersedia juga bisa kamu pilih, ada kuah santan, ada kuah bening. Tinggal pilih sesuai selera.

Setelah menikmati empal gentong rendah lemak, kamu bisa mencicipi salah satu minuman khas di warung ini yaitu kopi luwak. Kopi luwak yang disajikan di Warung Bang JT masih fresh karena baru digiling dan dikemas. Cocok untuk kamu para pecinta kopi.

Warung Bang JT beralamat di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo nomor 3 Cirebon, jaraknya sekitar 700 meter dari Swiss Belhotel Cirebon.

.

empal-gentong

Empal gentong via thumblr

.

Itulah 2 tempat makan yang bisa kamu jadikan rekomendasi untuk mencicipi kuliner khas Cirebon seperti nasi jamblang dan empal gentong. So, grab it fast!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

5 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Beby says:

    Wah.. Lauknya menggugah selera, Pakde! 😀

    Sekalipun aku belom pernah ke Cirebon. Ternyata di sana kota bangt ya. Kirain desa desa gitu :p

    Kota sejak lama

  2. Waah aku penasaran dengan nasi jamblang nya itu pakdhe, sedap bener keliatannya.
    Swiss belhotel pernah nginep yang di Surabaya 🙂

    Saya juga ingin nyoba nasi jamblangnya
    Dan nginep juga tentunya

  3. Inayah says:

    Cirebon mah lewat lewat doang heheh

    Sekali-kali mampir

  4. Saya pernah ke Cirebon tapi ga nginep. Pengin nyobain nasi jamblang yang langsung dimasak di tempat asalnya. Di Bogor kayaknya kurang siiip. Empalnya itu loh wah mingin-mingini. Kalau bisa sekalian nginep ya top.

    Bagusnya memang nginep agar lebih sedep

  5. Fitri Anita says:

    biasanya cuma lewat aja, gak mampir ..Diniatin mampir kayaknya deh ni Pakde.

    Hooh, bisa weekend di kantinnya kan

Leave a comment